Tuesday, August 19, 2014

#Review: MARTHA STEWART'S ENCYCLOPEDIA OF SEWING AND FABRIC CRAFTS

Haaii teman-teman..

Kali ini saya ingin membahas buku-buku craft yang saya miliki di rumah, walaupun koleksi saya masih terbilang sedikit.  Koleksi saya terdiri dari buku-buku terbitan dalam dan luar negeri.  Baik tentang fabric craft, menjahit, clay, flanel, dan lainnya.  Saya suka sekali mengoleksi buku-buku craft, walaupun sekarang segala jenis tutorial sudah dapat dengan mudah ditemukan di internet, pinterest dan workshop yang diikuti.  Semua hal itu memiliki karakteristik sendiri untuk menambah ilmu kita dalam menambah keahlian.  Tidak ada salahnya belajar dari manapun.  Jika tidak punya cukup dana untuk membeli buku dan ikut workshop, cukuplah dari internet (pinterest).  Tapi, jika punya dana lebih tidak ada salahnya juga membelinya.  Buat saya yang jadul gini, buku terasa lebih nyata.  Membaca berulang-ulang untuk di praktikkan juga lebih mudah.  Yang penting adalah kemauan untuk mempraktikkannya agar dapat membuat sebuah karya yang unik.

Tentang buku Martha Stewart Encyclopedia of Sewing and Fabric Craft, saya menemukannya di internet.  Wahh, buku yang lengkap dan bagus menurut saya, dilihat dari previewnya.  Sebagian tutorial di buku juga tersedia di Website Martha Stewart lhooo.. Setelah saya telusuri, dia sangat menginspirasi sekali dengan project-projectnya.  Kreatif, bermanfaat, dan mudah dibuat.  Yaaa.. mulai saat itu saya sering mengakses website nya.  Namun, tetap saja saya penasaran dengan bukunya.  Ingin sekali punyaa.. walaupun saat itu saya sudah mendownload free tutorial dan patternnya, tapi tetap sajaaa.. Ingin punyaaa.. hahhaa..

Dan akhirnya takdir pun mempertemukan saya dengan buku itu (*lebay*) ketika saya window shopping  di Books & Beyond Perpustakaan Pusat UI, Depok.  Senang sekali ketemu buku itu di sana.  Dan setelah dibuka-buka isinya, melihat sendiri project-projectnya akhirnya saya memutuskan untuk membelinya. Yayy..  Harganya dulu ketika saya membelinya kurang lebih sekitar Rp 300ribu *lupa* tidak berbeda jauh dengan kurs dollar yang saya lihat pada price di websitenya.  Bukunya cukup tebal, lebih tebal dari Biology nya Campbell Jilid 1, hehhee.. Sekitar 400 halaman.  Dijilid hard cover, full color, kertasnya juga tebal dan berat sekitar 100 gram, dilengkapi dengan printable CD PDF pattern.  Lengkap kap kap..  Senangnya memiliki buku import adalah kualitasnya yang baik dengna material yang oke.

Martha Stewart's Book
Lay out nya pun menarik.  Gambar-gambar tersaji dengan jelas.  Ukuran dan font yang digunakan juga bervariasi, tapi tampilannya memudahkan kita membacanya.  Memiliki tampilan minimalis dalam setiap layoutnya tanpa banyak aksen sehingga kita bisa fokus pada apa yang kita baca, tidak seperti ensiklopedi lain yang banyak inzet di dalamnya.  Ilustrasinya pun memudahkan kita mengikuti petunjuk pada tutorial yang terdapat pada buku.  

Seperti judulnya, ensiklopedia ini memuat karya menjahit dan juga kreasi kain dari A sampai Z.  Dibuka dengan pengenalan alat dan bahan, seperti kain (dan deskripsinya), benang (dan deskripsinya), alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai kegiatan menjahit dan kreasi dari kain.  Bagian selanjutnya tentang teknik dasar menjahit, dari mempersiapkan alat dan bahan, bagaimana menjahit tangan, menggunakan mesin jahit, dan lainnya.  Teknik menjahit juga lengkap di bahas di sini.  Mulai dari bermacam teknik tusukan dalam menjahit tangan, menyulam, sulam pita, quilting, patchwork, aplique, membatik sampai mewarnai kain.  Namun, jika ingin penjelasan yang lebih detail mengenai salah satu tekniknya lebih dalam kalian tidak bisa mendapatkannya di buku ini, karena di buku ini penjelasannya tidak terlalu panjang, tapi cukup singkat, padat dan jelas.  Tapi untuk basic tekniknya pun menurut saya sudah cukup menjadi acuan untuk memulai.  Bahasa yang digunakan tentu saja bahasa Inggris, namun mudah dimengerti.  Tapai awalnya mungkin ada istilah-istilah menjahit yang kurang familiar. 

Bagaimana dengan project-projectnya??  Projectnya lengkap dari A sampai Z lhoo..  Mulai dari membuat boneka, baju, home decor, baby project, tote bag dan lainnya.  Penjelasannya pun diikuti dengan ilustrasi maupun foto cara pembuatannya.  Pada project-projectnya pun disertai keterangan tambahan dan tips untuk menambah pengetahuan kita tentang projectnya.

Untuk yang ingin belajar membuat baju, sayang sekali buku ini tidak menerangkan bagaimana cara membuat baju dengan detail.  Karena kebanyakan berisi project-project sederhana dari kain yang mudah dibuat.  Baju yang dibuat di project pada buku ini pun sangat simple.  Sejauh ini saya sendiri baru beberapa kali mencoba project pada buku ini.  Seperti sepatu bayi (yang gagal), curtain atau window shades, dan cempal.

Saya sudah membacanya beberapa kali walaupun lompat-lompat.  Buku ini sering saya jadikan acuan atau sekedar mencari inspirasi untuk membuat sesuatu.  Dan mungkin self reminder untuk membuat suatu project baru.  Banyak alat-alat craft yang saya lihat dibuku ini ingin sekali saya miliki dan alhamdulillah satu persatu berhasil dimiliki.  

Berapa rate untuk buku ini??  Hmm.. saya kasih 4,5 dari 5 bintang.  Cukup memuaskan menurut saya.  Semoga saya bisa mengoleksi buku Martha Stewart yang lain :) I'm a fan of her <3


Salam, 

Hilwa

No comments:

Post a Comment