Monday, January 27, 2014

5th and 6th: Wallet and Wallet

Hai haii.. mau update hasil workshop bersama komunitas 3R dan diselenggarakan oleh Madeforyou Craft and Stuff.  Sabtu lalu, workshop membuat folded wallet, alias dompet lipat.  Pada saat workshop menggunakan jahit tangan, tapi saya perbaiki lagi di rumah dengan mesin jahit agar lebih rapi.  Tapi yaa itu, mendedel lagi dengan penuh perjuangan.  hahhaa..

Membuatnya cukup mudah sodara-sodara.  Asal ada kemauan dan cukup telaten, pasti bisa koooqq.. Apalagi klo pake mesin jahit, pasti akan lebih cepat lagi.
Tadaaa.. ini dia hasil dari workshop kemarin
Saya suka banget sama kain linen kucingnya, imuuuuttt.... >.<

Tampak depan dan tertutup

Bagian luar dan dalam dompet
Dompet berikutnya adalah project sewing alongnya Craftlova Fabric Club.  Tadinya cuma pengen memantau aja karena koq kayanya ribet.  Tapi penasaran juga pengen coba.  Dan akhirnya, disuatu hari yang cerah, sembari menemani suami baca buku, daripada saya bawel, makanya saya jahit aja deh (tapi ternyata tetep bawel juga, hahhaa)..

Anyway, fyuuhh.. 
bikinnya penuh perjuangan banget lah sodara-sodara.  Terutama pas bikin bias tape dan ngejahitnya.  Karena pake bahan kanvas yang agak tebal, jadinya agak keras pas dijahit tangan, dan malah nusuk nusuk ke jari, hiiks.. Hasilnya cornernya malah keriting keruwel-keruwel gitu.  Lidah penutup dompetnya pun masih g rapi, jadi sebel, hehhe..
Long Wallet
Tapi saya suka sama motifnya yang bunga-bunga dan dompet yang bervolume karena battingnya saya gunakan kain keras dan flanel.  Ternyata, daripada beli adhesive batting yang mahal, kain flanel dan kain keras juga bisa digunakan untuk batting dompet.  Kalo mau nempel, ya pake aja double tape..

Dibandingin sama dompet yang dulu pernah saya buat (yang pink dibawah), yang biru agak lebih tricky aja dibagian akhirnya.  Sebenarnya prosesnya gampang.  Bikin satu persatu bagian-bagian dompet, terakhir tinggal disatukan aja dengan bagian luarnya.  Kalo yang mau coba bikin juga bisa tuh buka Groupnya Craftlova dan liat di album, dan ikuti prosesnya. 

Long Wallet
Long Wallet yang lebih gampang dibuat
Selamat mencoba, dan happy crafting :)



No comments:

Post a Comment