Tuesday, January 7, 2014

1st Project: My New Sling Bag

Saya memiliki sebuah sling bag kulit yang saya beli second dengan kualitas yang masih bagus.  Sling bag saya sudah menemani saya dari kira-kira tahun 2010.  Dan sekarang resletingnya sudah sering terbuka sendiri.  Dan talinya pun sudah agak ringkih karena menopang bawaan dalam tas.

My old sling bag
Maka dari ituuuu.. saya membuat sling bag sendiri.  Inilah project pertama di minggu pertama bulan Januari.  Maunya sih yang kecil, fungsional dan juga lucuk.  Nah, kebetulan waktu kemarin hunting kain di Pasar Baru Bandung, saya ketemu kain kanvas motif bunga ini lhoo.. wahhh.. kayana cocok banget nih buat dijadiin sling bag saya.  Maka saya eksekusi lah kain itu menjadi sling bag.

Bermodal nekad karena g punya pola tas, g pernah bikin yang seperti ini sebelumya (dulu cuma pernah bikin tote bag yang gampang banget).  Akhirnya saya gambar di kertas sketsa design nya, dan ukurannya saya kira-kira sendiri ajaaahh..  Sling bag saya memiliki ukuran panjang 25 cm, lebar 5 cm dan tinggi 23 cm.  Ada kantung di luar, kantung dengan resleting di bagian dalam, dan penutup dengan pengunci magnet.  Proses jahitnya badan tas nya sih simple, hanya ada bagian yang sedikit tricky karena ketebalan kain.

My new flowery sling bag
Konsep pembuatan pola dan  penyatuan badan tas sebenarnya seperti membuat sebuah bangun ruang yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi.  Membuat pola nya pun seperti membuat sebuah balok.  Bedanya kalau dengan kertas melekatkan bagian satu dengan bagian lain dengan lem, kalau menggunakan kain, bagian satu dengan yang lain kita satukan dengan dijahit.  Se simple itu sih sebenarnya.

Tampak atas
Sayang sekali, karena camera saya mati semalam, saya tidak sempat membuat dokumentasinya, sehingga g bisa membuat tutorialnya deh, so sorry L

Internet di Bandung dengan Sm*rtfren di rumah kami tidak bagus nih, jadi sangat terkendala kalau mau browsing dan upload, huff..  
Dan akhirnyaaa kita beli modem baru buat di rumah, yeeeyy!!  Alhamdulillah, lumayan lancar nih :)

Semoga bisa sering upload yaaa :)

Hmmm.. next project apa yaaa? 

No comments:

Post a Comment