Tuesday, December 3, 2013

Lil Workshop

Tiada yang lebih menyenangkan selain membagi ilmu kepada yang mau belajaarrrr..
Walaupun belum mahir menjahit, tapi beberapa teman ada yang sudah melihat hasil jahitan saya, dan katanya bagus.  Nahh, terus minta diajarin jahit deh.

Menjahit itu sebenarnya mudah, asal ada alat-alat dan kemauan untuk belajar dari mana saja.  Saya saja belajar secara otodidak dari internet, rajin-rajin browsing video tutorial, pdf pattern, dan inspirasi dari pinterest.  Menjahit pun butuh ketekunan dan ketelilitian, seperti saat jahitan kita salah, harus tekun mendedelnya.  Teliti mengukur pola, dan juga sabar dalam mengerjakannya.  Nanti, kalau hasilnya sudah jadi, pasti akan merasakan kepuasan karena karya kita sudah selesai dengan baik.

Buat yang sudah punya mesin jahit, rajin-rajinlah berteman dengan mesin jahitmu.  Biasakan menggunakannya untuk mengenalnya lebih jauh.  Lihat video tutorial penggunaan mesin jahitmu, dan praktikkan.  Karena kalau g dipraktikkan kita g akan tahu rasanya seperti apa.  Terus, baca juga manual guide operasional mesin jahitmu agar tahu penanggulangan jika terjadi kesalahan penggunaan.

Teman saya kemarin belajar membuat zipper pouch dan tote bag.  Dia sudah punya mesin jahit, tapi masih belum terlalu akrab dengan mesin jahitnya.  Katanya belum pernah dipakai, makanya mau belajar jahit dulu sebelum saya pindah ke Bandung bulan depan nanti.  Pertama saya bawa dia berbelanja bahan yang diperlukan untuk pembuatannya.  Dia memilih kain hijau untuk outer dan kain bunga-bunga untuk innernya..
Dan berikut hasilnyaaa..

Tote Bag buatan Tia
Lalu, teman saya mengajar di sekolah juga ingin belajar jahit.. Dan datanglah mereka berdua ke rumah saya.  Mereka membuat drawnstring pouch atau tas serut. Tuuhh lihaattt muka-mukanya yang lagi serius belajar menjahit, hihiii.. Lucuuuukk.. masih kaku-kaku gitu megang bahan dan mesin jahitnyaa, hihiii..  Hasilnya tas serut yang cantik berbunga-bungaaaa :)
Kak Dina lagi serius menjahit tas serutnyaaa :)

Kak Ibad belajar jahit :)

Hasil tas serut buatan kak Ibad
Yayy, begitulah workshop kecil-kecilan ala Craft Studio.. yang mau belajar boleh lhooo... Tapi ngajarinnya yang gampang-gampang aja yah, hehhee..

Happy Crafting :*

No comments:

Post a Comment