Sunday, September 7, 2014

Saling Berbagi

Senangnya bisa berbagi dan menginspirasi.  Yaa, satu orang teman saya tadi udah laporan kalo dia baru saja membeli sebuah mesin jahit yang sama dengan saya, katanya biar gampang nanya-nanya.  Sebelumnya pun ada teman saya ingin belajar jahit dan beli mesin jahit juga.  Memang sih, kalau wanita itu sudah menikah dan punya anak, pasti orientasinya akan berubah.  Lebih memikirkan anak dan keluarga.  Dan akhirnya mulai deh melirik-lirik pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.  Banyak memang pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, yang ramah wanita dan keluarga, apalagi zaman sekarang, bisa menjahit dan fashion, kuliner (catering dan rumah makan), jasa design, MLM, maupun menulis.  Semuanya tergantung potensi yang dimiliki.

Tenang, kalo belum ahli, kita bisa koq belajar sedikit demi sedikit dan meningkatkan keahlian kita.  Asalkan konsisten dan fokus, pasti tak terasa akan besar juga.  Pengalaman saya dulu, beli mesin jahit cuma iseng-iseng dan pas ada promo.  Untungnya mesin jahit saya ini udah lumayan lah menurut saya.  Terus bikin-bikin project sederhana nyontek tutorial dari Youtube.  Project pertama saya adalah membuat pouch, bahannya dari kain sisa gorden di rumah.  Yaa tentu saja masih belum rapi.  Tapi karena ada rasa penasaran dan browsing-browsing lagi nyari referensi, perlahan pouch nya pun lebih bervariasi dan lebih rapi.

Lalu, mulai deh pengen bikin barang-barang buat sendiri.  Bukan buat dijual.  Cari tutorial dompet, tas selempang, tas serut, hanging organizer, mukena, gorden, dan lainnya.  Kan lumayan, jadi tidak perlu beli di luar, paling hanya beli bahannya saja, jadi deh custom made yang mempercantik rumah.


Lalu kalau dirasa barangnya sudah cukup baik untuk dijual, mulailah menjualnya.  Yaa, saya sendiri sempat g percaya diri menjual barang hasil craft saya.  Buat saya itu cuma hobby, iseng-iseng berhadiah.  Isi waktu luang dan belajar bikin sesuatu.  Tapi ketika ke sebuah pameran dan melihat produk serupa, koq yaa hasil craft saya juga tidak kalah dengan mereka.  Suami pun mendorong-dorong agar saya memasarkan produk saya.  Akhirnya saya jual deh melalui Fb dan bazzar (pameran).  Penjualan pun masih standar-standar saja, hihihi.. Tapi setidaknya saya sudah memulainya.  Toh mereka yang sukses sekarang pun melalui tahap-tahap yang sama seperti saya.  Gak ada yang instan di dunia ini, jadi nikmati prosesnya.

Saya senang sekali menjawab pertanyaan teman-teman di dunia maya mengenai hobby saya ini.  Dari mulai berbagi pengalaman, tempat belanja, tips dan trik, dan lainnya.  Ya walaupun saya juga belum terlalu mahir.  Masih banyak yang lebih keren dari saya.  Dan kemarin setelah saya share postingan saya di Fb, Toko Buku Craft, saya dapat hadiah dari mbak Yulis.  Hadiahnya paket DIY boneka Pinguin.  Terima kasih yaa :)

No comments:

Post a Comment