Monday, June 23, 2014

Bazar Experience

Kemarin saya mengikuti bazaar yang diadakan oleh Komunitas Hijabpreneur di Depok.  Dekat dengan rumah orang tua saya, maka meluncurlah saya dari Bandung.  
Ini kali pertama saya mengikuti bazaar.. Yaa, walaupun bazarnya g spesific product craft.  Tapi respon yang datang ke stand cukup baik, mereka mengapresiasi karya handmade saya, walaupun belum banyak yang beli, hihiii..  Tapi saya g kapok koq ikut bazar. :)

Jadi penjual harus ramah dalam melayani konsumen, baik yang cuma tanya-tanya maupun yang lihat-lihat.  Siapa tau dari tanya-tanya dan lihat-lihat itu, mereka jadi tertarik untuk membeli.  Terlebih kalau memang produk yang kita miliki memang bagus.  Dan betapa noraknya saya ketika ada yang membeli dan menyukai hasil karya sayaa.. Alhamdulillaaahh...

Berikut beberapa tips ketika mengikuti bazar atau pameran..
  1. Persiapkan barang-barang yang akan dipamerkan, catat produk dan jumlah stocknya.
  2. Berikan label harga pada setiap produk yang akan dipamerkan, itu untuk memudahkan konsumen dalam memilih barang yang sesuai dengan budget mereka.
  3. Tata layout stand dengan rapi, cantik, dan semenarik mungkin agar menarik minat konsumen berdatangan.
  4. Bawa uang kembalian dengan berbagai pecahan agar tidak repot ketika ada pembeli yang membawa uang besar.
  5. Bawa kantung pembungkus (plastik atau kertas) untuk membungkus barang yang akan dibeli oleh konsumen
  6. Bawa kartu nama sebagai tanda identitas produk dan brand awareness..
  7. Layani konsumen dengan ramah, dan sopan
  8. Sabaaarr


Berikut beberapa dokumentasi foto-foto bazaar kemarin
Sama Asma dari Nina's Up brooch handmade
Di Bazaar kali ini saya ditemani Asma dan kakak Ipar saya.  Asma menjual brooch cantik, sedangkan kakak ipar saya menjual plushie, bantal, dan car set.

Erna Craft and Craft Studioo 

My Lovely Product


Brooch and Pouch

Mukena dan tas serut yang cantik

Me :)
Yapp.. sampai ketemu lagi di bazar selanjutnya yaaa..

No comments:

Post a Comment